[Study Club] Survei Panasbumi


Pada hari Sabtu, 30 April 2016, Divisi SC API kembali mengadakan belajar bersama dengan Survei Panasbumi (Geologi, Geokimia, Geofisika) yang diisi oleh mas Ramadhana (2012) 

Survei Pendahuluan panasbumi dilakukan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai potensi suatu daerah panas bumi dengan geologi, geokimia, dan geofisika yang digunakan sebagai salah satu bahan untuk penyiapan wilayah kerja. Kegiatan awal pada survei pendahuluan merupakan kegiatan survei tinjau. Kegiatan survei tinjau meliputi kegiatan :
  • Studi literature : geologi regional, peta topografi, foto udara/citra pengindraan jauh, geografi, hasil survei terdahulu lainnya.
  • Pengumpulan data geologi seperti jenis batuan, hubungan antar jenis batuan, jenis manifestasi, pusat erupsi, dan gejala struktur geologi.
  • Pengumpulan data manifestasi panas bumi seperti koordinat, tipe fluida, luas, temperature, pH, debit serta informasi lain yang berhubungan dengan kegiatan hidrotermal.
  • Pengambilan sampel batuan dan fluida untuk dianalisis di laboratorium.

 A. SURVEI PENDAHULUAN GEOLOGI
Survei Geologi ini pada intinya untuk mengindentifikasi kondisi disekitar sumber Pabum dan diambil data yang berupa jenis batuan, hubungan antar jenis batuan, jenis manifestasi, pusat erupsi, dan gejala struktur geologi.

B.  SURVEI PENDAHULUAN GEOKIMIA
Survei Geokimia ini pada intinya untuk mengindentifikasi temperatur manifestasi dan udara disekitarnya, pH air, debit air panas atau dingin, daya hantar listrik (DHL) air panas/dingin, kandungan CO2, CO, H2S, dan NH3 pada hembusan uap air, fumarol dan solfatara, serta Luas manifestasi.

C.  SURVEI PENDAHULUAN GEOFISIKA
> Survei Geofisika diarahkan untuk memperoleh gambaran secara tidak langsung dari permukaan atau dari dekat dengan permukaan interval kedalaman, parameter fisik geologi dalam formasi. Parameter fisik meliputi Survei termal, survei seismik, survei gravitasi, survei magnetik, dan konduktivitas listrik


Source : Pemateri dan beberapa tambahan materi dari blog (http://geophysics-advanced.blogspot.co.id/2011/03/basic-fundamental-eksplorasi-untuk.html)








Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright© JIT AP