[Study Club] Wind Energy, Energi Masa Depan yang Potensial


Pada Sabtu 19 Maret 2016, salah seorang alumni TM UPN, Mas Muki memaparkan tentang proyek instalasi yang akan rencananya dibangun di kawasan Pantai Baron, Gunung Kidul, DIY
Energi Angin Merupakan energi yang bersih dari emisi dan energi yang gratis karena memang sudah ada di alam bebas tanpa harus dicari dan ditemukan, biaya opersional yang murah juga sangat menjanjikan. Wind Farm sangat memiliki banyak keuntungan untuk masa depan, dan juga aman untuk kehidupan baik disekelilingnya maupun untuk semua.

Letak lokasi di Indonesia Wind Farms akan di lakukan di Baron, Gunung Kidul Yogyakarta, karena didaerah ini daerah yang memilki hembusan angin yang baik, memiliki transmisis sitem yang baik, serta didukung oleh program pemerintah daerah dengan 6000 Megawatt Rencana Nasional ditahun 2016,  dan memang lokasi ini sangat bagus dan baik.
Sebelum melakukan semua itu telah dilakukan survei pada daerah Baron, menggunakan Met Mast Tower yang digunakan untuk menghitung angin di daerah itu. Met Mast Tower pada daerah Baron dipasang setinggi 80m.

Turbin yang digunakan juga memiliki efek kebisingan yang kecil hanya sekita 40dB pada jarak 350m dari lokasinya, 40 dB setara dengan kebisingan yang dihasilkan oleh kulkas pada rumah kita.
Cara kerja turbin modern sama seperti sayap pada pesawat, jadi baling-balingnya didesain akan bekerja seperti sistem sayap pesawat. Teknologi terbaru dari turbin meningkatkan efektivitas dengan adanyanya magnet sistem didalam baling-baling. Sistem terbaru  ini lebih mudah dalam maintenance dan murah biaya operasional. Semakin lebar diameter pada turbin semakin besar juga outputnya, sehingga semakin besar energi yang dihasilkan. Cara lain untuk menghasilkan energi yang lebih besar dengan meninggikan Turbin ini, karena semakin tinggi posisi turbin maka akan mendapatkan hembusan angin yang lebih cepat sehingga jelas akan menghasilkan energi yang lebih besar pula
            Proses Pengembangan dalam Wind Energy ada beberapa tahap, diantaranya :
·         Site Research
·         Testing the Wind
·         Preliminary Studies
·         Wildlife and Environmental Studies
·         Feasibility Study
·         Project Layout and Engineering
·         Local Government Permit
·         Project Financing
·         Turbine Procurement
·         Construction

Semoga dengan adanya proyek ini dapat menjadi pioneer baru dalam mengembangkan energi - energi terbarukan yang berpotensial sehingga kita akan berhasil memenuhi target-target dan pasokan listrik yang dibutuhkan negara kita sendiri tanpa merusak lingkungan dan dapat sekaligus mendonrong masyarakat untuk terus melestarikan lingkungan, karena energi-energi ini akan ada terus jika kita terus melestarikan lingkungan.
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright© JIT AP